Strategi Instagram marketing adalah salah satu metode terbaik untuk melakukan pemasaran media sosial untuk perusahaanmu. Mengapa demikian? Tahukah kamu bahwa 72% konsumen melakukan pembelian setelah melihat produk di Instagram?
Namun, kamu tidak hanya dapat memublikasikan gambar atau video, jika kamu ingin memanfaatkan Instagram marketing secara maksimal. Untuk menjangkau pengguna Instagram, perusahaan milikmu memerlukan strategi yang mendetail.
Baca juga: Trik Psikologi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan
Contents
Apa Itu Instagram Marketing?
Instagram marketing adalah proses menggunakan platform Instagram untuk mempromosikan produk atau jasa dan meningkatkan brand awareness dengan cara menargetkan audiens yang sesuai.
Ini meliputi aktivitas seperti membuat akun Instagram bisnis, mengunggah konten yang menarik, meningkatkan interaksi dengan follower, dan menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan jangkauan.
Tujuan akhir dari Instagram marketing adalah untuk meningkatkan penjualan dan pemasaran produk atau jasa.
Strategi Instagram Marketing yang Wajib Dicoba
Beberapa strategi melakukan Instagram marketing yang dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan meliputi:
Membuat akun Instagram bisnis
Membuat akun Instagram bisnis akan memberikan akses ke fitur analitik yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat engagement dan jangkauan dari konten yang diunggah.
Menyusun konten yang menarik
Menyusun konten yang menarik, seperti foto dan video yang berkualitas tinggi, yang mencerminkan brand dan menarik perhatian target audiens.
Menggunakan hastag yang tepat
Menggunakan hastag yang tepat akan membantu meningkatkan jangkauan konten dan menargetkan audiens yang sesuai.
Meningkatkan interaksi dengan follower
Meningkatkan interaksi dengan follower melalui menjawab komentar dan direct message, serta menggunakan fitur Instagram seperti Instagram Stories dan Instagram Live untuk menjaga komunikasi dengan audiens.
Menggunakan iklan berbayar
Menggunakan iklan berbayar melalui fitur Instagram seperti Instagram Stories dan Instagram Feed dapat meningkatkan jangkauan dan menargetkan audiens yang sesuai.
Melakukan kolaborasi dengan influencer atau brand lain
Bekerja sama dengan influencer atau brand lain dapat membantu meningkatkan brand awareness dan menjangkau audiens baru.
Membuat konten yang konsisten dan berkualitas
Dengan membuat konten yang konsisten dan berkualitas, akan membuat audiens merasa nyaman dan senang dengan brand anda.
Menjalankan kompetisi atau giveaway
Menjalankan kompetisi atau giveaway dapat meningkatkan engagement dan menarik perhatian audiens.
Melakukan analisis dan umpan balik
Melakukan analisis dan umpan balik dari hasil post atau iklan yang dijalankan, akan membantu mengetahui apa yang bekerja dan apa yang tidak, dan membuat perbaikan yang diperlukan.
Terapkan Strategi Instagram Marketing untuk Bisnismu
Instagram yang dulunya hanya sebagai platform untuk bertukar foto, kini menjadi tempat berkembangnya berbagai bisnis.
Instagram marketing adalah cara hebat untuk membangun kesadaran merek perusahaan milikmu karena memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan.
Memang benar mendapatkan perhatian satu miliar orang itu sulit, tetapi itu tidak membuat Instagram marketing menjadi tidak mungkin. Kuncinya adalah menghasilkan materi berkualitas tinggi yang dapat meningkatkan keterlibatan pengikut.
Buat materi dengan gambar yang menarik dan tambahkan subtitel yang menggugah dan tagar asli untuk membuatnya menonjol. Kamu kemudian akan selangkah lebih dekat untuk mencapai kesuksesan online impianmu
Kami harap postingan ini dapat membantu kamu dalam mempelajari Strategi Instagram marketing dan berhasil meningkatkan pengenalan merek untuk toko onlinemu di Instagram.




