Apakah kamu memiliki bisnis tetapi belum pernah pasang iklan di Google Ads untuk mempromosikannya? Kalau tidak, pasti banyak potensi uang yang hilang.
Kamu harus menyadari bahwa 80% merek menggunakan Iklan Google untuk mempromosikan bisnis mereka (WebFX, 2020).
Hal ini dikarenakan iklan Google membuat teknik promosi merek lebih memungkinkan sehingga dapat menjangkau target pasar yang sesuai.
Tapi jangan khawatir, kamudapat memasang iklanmu sendiri di Google setelah membaca postingan ini. Di sini, kita akan membahas petunjuk penempatan Google Ads yang paling sederhana dan efektif. Simak pembahasannnya di sini!
Baca juga: Alternatif Google Adsense untuk Blogmu
Contents
Apa Itu Google Ads?
Google Ads adalah platform iklan yang dikembangkan oleh Google yang memungkinkan pengiklan untuk membuat dan menayangkan iklan di jaringan pencarian Google dan jaringan iklan display Google.
Pengiklan dapat membuat iklan berupa teks, gambar, atau video, dan menargetkan iklan ke audiens yang spesifik berdasarkan kata kunci, lokasi, dan demografi.
Pengiklan hanya dikenakan biaya saat iklan mereka diklik oleh pengguna (metode pembayaran “per klik”), sehingga ini disebut juga sebagai “PPC” (Pay-Per-Click) advertising.
Google Ads juga menyediakan beberapa fitur tambahan seperti iklan video di YouTube, iklan di aplikasi mobile, dan iklan di situs-situs mitra Google.
Selain itu, Google Ads juga memiliki fitur yang memungkinkan pengiklan untuk mengukur kinerja iklan mereka dan mengoptimalkan kampanye iklan mereka. Fitur ini termasuk statistik kinerja seperti tingkat klik, tingkat konversi, dan tingkat biaya per konversi.
Pengiklan juga dapat menggunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk mengetahui bagaimana iklan mereka memengaruhi perilaku pengunjung situs web mereka. Google Ads juga memiliki fitur yang memungkinkan pengiklan untuk mengoptimalkan iklan mereka secara otomatis dengan menggunakan algoritma yang dikembangkan oleh Google.
Fitur ini termasuk Smart Campaigns, yang memungkinkan pengiklan untuk membuat kampanye iklan dengan cepat dan mudah. Automated Rules, yang memungkinkan pengiklan untuk mengatur peraturan untuk mengoptimalkan kinerja iklan mereka secara otomatis.
Google Ads juga memiliki beberapa fitur yang dirancang khusus untuk pengiklan e-commerce, seperti Shopping Campaigns dan Local Inventory Ads.
Shopping Campaigns memungkinkan pengiklan e-commerce untuk menampilkan produk mereka dalam format iklan gambar yang interaktif di hasil pencarian Google. Sementara Local Inventory Ads memungkinkan pengiklan e-commerce untuk menampilkan inventori produk mereka di toko fisik mereka kepada pengguna yang berada di dekat toko tersebut.
Cara Pasang Iklan di Google Ads
Untuk memasang iklan di Google Ads, kamu harus melakukan beberapa langkah berikut:
Buat akun Google Ads
Kamu harus memiliki akun Google Ads untuk dapat membuat dan mengelola iklan. Kamu dapat mendaftar untuk akun gratis di ads.google.com.
Buat kampanye
Setelah kamu masuk ke akun Google Ads, kamu harus membuat kampanye baru. Pilih jenis kampanye yang sesuai dengan tujuan iklan milikmu, seperti penjualan atau branding.
Buat grup iklan
Dalam kampanye yang dibuat, kamu harus membuat grup iklan. Grup iklan ini akan mengatur iklan yang sama dalam satu tempat.
Buat iklan
Setelah kamu membuat grup iklan, kamu dapat membuat iklan baru. Pilih jenis iklan yang sesuai dengan tujuanmu, seperti iklan teks, iklan display, atau video.
Target audiens
Pilih target audiens yang sesuai dengan iklanmu. Kamu dapat menargetkan berdasarkan lokasi, demografi, atau perilaku.
Pilih kata kunci
Tentukan kata kunci yang akan digunakan untuk menemukan iklanmu saat pengguna mencari di mesin pencari Google.
Pilih lokasi targeting
Tentukan lokasi yang ingin kamu targetkan dengan iklan milikmu. Kamu dapat menargetkan negara, provinsi, atau kota tertentu.
Pilih anggaran iklan
Selanjutnya, tentukan anggaran iklan yang akan digunakan setiap hari atau bulan.
Pembayaran
Setelah semua pengaturan selesai, kamu harus melakukan pembayaran untuk iklanmu. Kamu dapat menggunakan kartu kredit atau metode pembayaran lain yang tersedia.
Monitor dan Optimize
Setelah iklan milikmu di pasang, kamu dapat memonitor dan mengoptimalkan performa iklan tersebut, sesuai dengan tujuan iklan dan anggaran yang telah ditentukan.
Kamu dapat mengiklankan bisnismu dengan lebih sukses setelah mempelajari cara membuat iklan Google. Cara pasang iklan di Google Ads dapat dimodifikasi untuk mencerminkan target pasarmu serta tujuan kampanye pemasaran bisnismu.




