Istilah “search engine optimization” (SEO) tentunya bukan hal baru bagi para blogger atau pemilik website. SEO On-page dan SEO Off-page adalah dua jenis SEO yang biasanya digunakan untuk mengoptimalkan hasil yang diinginkan.
Tanpa ragu, semua orang ingin situs web mereka muncul di urutan pertama pada halaman Google. Alasannya karena bisa mendongkrak penjualan, brand recognition, dan traffic website.
Apa sebenarnya arti kedua jenis SEO tersebut dan apa perbedaannya? Jangan khawatir, kami akan menjelaskannya kepada kamu di sini.
Baca juga: Strategi SEO Link Building Bagi Pemula
Contents
Pengertian SEO On-Page dan SEO Off-Page
1. Definisi SEO On Page
Menurut Baclinko, SEO on-page adalah proses meningkatkan konten pada halaman website sehingga dapat berperingkat tinggi di Google dan mudah dicari oleh konsumen.
Sebagian besarSEO on-page berfokus pada bagaimana membuat materi tampak SEO-friendly. Dalam arti yang berbeda, kamu perlu memahami SEO on-page untuk mengungguli situs web pesaing.
Digital Marketing Institute menyatakan bahwa ada beberapa faktor SEO on-page yang perlu dioptimalkan:
· Meta deskripsi
· URL Title
· Alt text untuk gambar
· Tag title
· Internal link
· Site speed
Penting untuk memaksimalkan masing-masing faktor ini dengan benar. Misalnya, meta deskripsi yang kamu buat harus mematuhi semua pedoman SEO yang relevan. Misalnya, harus mengandung kata kunci dan singkat.
Ini dilakukan untuk memudahkan pengguna menemukan situs webmu di Google. Selain itu, elemen lain seperti judul URL, tag judul, dan lainnya perlu dioptimalkan dengan tepat. Jangan lupa sertakan internal link di semua materi websitemu.
Link internal adalah hyperlink atau tautan yang disematkan di dalam satu bagian informasi dan mengarah ke bagian lain dari konten di situs web yang sama.
Melakukan hal ini secara konsisten akan meningkatkan peringkat pencarian situs web milikmu secara bertahap.
2. Pengertian SEO Off Page
SEO off page lebih berkonsentrasi pada situs web eksternal daripada SEO di halaman, yang lebih banyak di situs web internal.
Menurut Neil Patel, SEO off-page adalah proses yang digunakan untuk memperbaiki sebuah website dari luar. SEO off page terkadang juga disebut sebagai link builind, backlink, atau metode pemasaran situs web lainnya.
Backlink adalah link yang mengarah ke website milikmu dan disisipkan di website lain. Cobalah untuk menawarkan backlink di situs web berkualitas tinggi.
Namun, berhati-hatilah saat menambahkan backlink. Hindari terlalu banyak karena Google dapat menganggapnya sebagai spam.
Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page
SEO on-page, sederhananya, meningkatkan kualitas konten milikmu sehingga menarik bagi pembaca dan ditemukan oleh Google.
Sementara itu SEO off page, memberi situs webmu reputasi yang kuat sehingga Google akan mempercayainya dan memberi peringkat tinggi. Bukan hanya satu macam SEO, tapi keduanya harus dimaksimalkan sekaligus.
Itu adalah penjelasan singkat dari SEO on page dan SEO off page. Mengoptimalkan keduanya secara konsisten sangat penting jika kamu ingin situs web milikmu muncul di bagian atas hasil pencarian Google. Ikuti juga kelas SEO yang diajarkan oleh para profesional dari sejumlah bisnis terkemuka di Indonesia.
Bagaimana perasaanmu? Kamu bisa menggunakan jasa hosting untuk membantu mengoptimasi SEO websitemu. Dukungan technical support kamu akan membantu kamu.